Jumat, 18 Februari 2011

DESA SIRING ALAM

DESA SIRING ALAM


A.    Latar Belakang

Desa Siring Alam berdiri pada tahun 1967, yang sebelumnya menyatu dengan Desa Tanjung Agas. Sebelumnya Desa Siring Alam mempunyai tiga nama yaitu :
1.    Desa Bangsal, Karena semua orang-orang bermukim didesa tersebut pada waktu itu mayoritas memelihara ternak sedangkan Bangsal adalah tempat atau sangkar sapi.
2.    Desa Kandang, Karena banyaknya sapi-sapi ternak yang dilepas, penduduk yang mata pencahariannya bertani memasang pagar dari bamboo disekitar desa untuk melindungi tanaman mereka dari gangguan sapi ternak, pagar bamboo tersebut dinamakan KANDANG.
3.     Desa Siring Alam, Pada tahun 1974 nama desa Bangsal dan Kandang diganti sekaligus diresmikan oleh Camat Tanjung Raja ZINURI ZAHRI bersama dengan Yaroni (Kepala Desa). Siring yang artinya sebuah sungai terletak didepan desa ini dan Alam kejadiannya.

B.    Kondisi Umum Desa

1. Letak dan Luas Wilayah

Desa Siring Alam merupakan salah satu dari 241 desa yang ada diwilayah Kabupaten Ogan Ilir dan salah satu dari 19 Desa di wilayah Kecamatan Tanjung Raja yang terletak 7 Km ke arah Utara dari Ibu Kota Kecamatan dan mempunyai luas ± 7,10 Km2, Desa Siring Alam terbagi menjadi 2 dusun yang dipimpin oleh masing-masing Kepala Dusun. Adapun batas-batas wilayah Desa Siring Alam adalah sebagai berikut :

Ø  Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Tanjung Agas
Ø  Sebelah Selatan berbatasan dengan Lebak Tg Dayang (Kec. Indralaya Sel )
Ø  Sebelah Barat berbatasan dengan PTP. Cinta Manis
Ø  Sebelah Timur berbatasan dengan CV. Beriang

 2. Iklim

Desa Siring Alam mempunyai Iklim kemarau dan penghujan sebagaimana desa-desa lain diwilayah Indonesia dalam hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada didesa  Siring Alam Kecamatan Tanjung Raja

C. Visi dan Misi

1. Visi

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Visi Desa Siring Alam adalah “TERWUJUDNYA DESA YANG MAJU DAN MAKMUR DIDUKUNG OLEH PERTANIAN YANG UNGGUL DAN SARANA TRANSPORTASI YANG MEMADAI”.


2. Misi

Selain penyusunan visi juga telah ditetapkan misi-misi yang membuat pernyataan harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya visi desa tersebut. Desa Siring Alam mempunyai visi :
1.     Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM di segala bidang)
2.     Meningkatkan sarana dan prasarana.
3.     Meningkatkan pendapatan masyarakat.
4.     Meningkatkan hasil pertanian.


D.    Potensi Desa
Potensi yang ada didesa Siring Alam tidaklah cukup banyak tetapi mudah-mudahan dengan sentuhan bantuan dari pihak yang terkait, potensi desa tersebut dapat dikembangkan terutama dibidang peternakan, pertanian dan perkebunan. Sebnayak 51 % penduduk desa berpendapatan dari hasil peternakan, pertanian dan perkebunan, lahan persawahan dengan luas ± 123 Ha dan lahan perkebunan seluas ± 113 yang dapat dijadikan aspirasi pemerintah untuk membantu para petani dalam meningkatkan produktifitas hasil pertanian dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai. Dari bidang ekonomi potensi desa juga dapat dilihat dari kerajinan (industri rumah tangga), membuat kemplang dan sebagian juga menjadi pedagang,. Potensi Peternakan yang ada didesa Siring Alam sangat banyak diantaranya peternak sapi dan sebagian membudidayakan ikan air tawar, dibidang SDM masih banyak SDM yang terampil tetapi tidak bisa menggunakan keahliannya pada umum karena tidak didukung dengan pendidikan keterampilan yang memadai dan persaingan kerja yang banyak.
 



 
 Peternakan merupakan potensi desa yang ada didesa Siring Alam


   E. Kependudukan

         Jumlah penduduk Desa Siring Alam per Januari 2011 berjumlah 355 KK, terdiri dari 1.011 jiwa. Dengan komposisi penduduk menurut umur sebagai berikut :

Tabel 1 . Jumlah Penduduk menurut umur per Januari 2011





















Diagram 1. Jumlah Penduduk menurut umur per Januari 2011















F. Pemerintahan Desa

Desa Siring Alam terdiri dari II  dusun dengan jumlah penduduk 1.011 jiwa. Pemerintahan Desa Siring Alam dikepalai oleh MUSTAMIR, dengan Profil sebagai berikut :






















 
b. Nama-nama Perangkat Desa Siring Alam
Adapun Nama-nama Perangkat Desa Siring Alam sebagai berikut : 

Tabel 2 . Nama-nama perangkat Desa Siring Alam
c. Nama-nama Anggota BPD Siring Alam
Nama-nama Anggota BPD dapat kita lihat dari tabel berikut :

Tabel 3 . Nama-nama perangkat Desa Siring Alam
d. Nama-nama Pengurus Lembaga Adat Desa Siring Alam

Adapun nama-nama Pengurus Lembaga Adat sebagai berikut :
Tabel 4 . Nama-nama pengurus Lembaga Adat Desa Siring Alam












G.    Pembangunan pada tahun 2009 / 2010

         Pembangunan yang masuk di desa Siring Alam berasal dari APBN, APBD, APBDES, DPD/K, dan BANGUB, antara lain :

Tabel  5. Pembangunan pada tahun 2009 / 2010



Tidak ada komentar:

Posting Komentar