Jumat, 18 Februari 2011

DESA KERINJING

 
DESA KERINJING

 
A.    Latar Belakang

Sebelum defenitif bernama “Desa Kerinjing” yang sekarang terletak diwilayah Kecamatan Tanjung Raja sudah puas berganti nama. Ratusan silam berawal dari seseorang yang berasal dari daerah kerui Sekayu yang sekarang menjadi Nenek Moyangnya masyarakat desa Kerinjing. Merantau atau mencari nafkah, akhirnya menetap didusun Talang Kuti, karena mata pencarian nilai cukup potensial. Dahulu Desa Kerinjing dikenal dengan nama Talang Kuti namun tak pasti sejak tahun berapa nama dusun tersebut muklai digunakan masyarakat yang jelas menurut cerita lama pada kurun waktu 1756-1824 nama tersebut sudah berubah menjadi dusun Si Djane system pemerintahannya dipimpin KERURAH dan dari dusun Si Djane berganti nama lagi pada kurun waktu 1824-1842 menjadi dusun Sukarami. Pada kurun waktu 1842-1857 berganti nama lagi menjadi dusun Sang Kundjing. Barulah sekitar tahun 1857 diambil kesepakatan masyarakat untuk mengubah nama dusun menjadi KERINDJING, dari tahun 1878-1984 sistem pemerintahan desa dipimpin oleh KERIO barulah sejak tanggal 14 Februari 1984 sistem pemerintahan desa dipimpin oleh KEPALA DESA. Dan sejak tahun 1975 karena Ejaan Bahasa Indonesia dismepuranakan maka tulisan desa KERINDJING berubah menjadi KERINJING.
Desa Kerinjing merupakan desa yang tertua nomor tiga diwilayah Kecamatan Tanjung Raja setelah Tanjung  Raja dan Talang Balai. Sejak tanggal 12 Nopember 2006 Desa Kerinjing terjadi pemekaran menjadi 2 desa yaitu Desa Kerinjing dan Desa Skonjing. Hari jadi desa Skonjing jatuh pada tanggal 14 Februari 1856.



B.    Kondisi Umum Desa

1. Letak dan Luas Wilayah

Desa Kerinjing merupakan salah satu dari 241 desa yang ada diwilayah Kabupaten Ogan Ilir dan salah satu dari 19 Desa di wilayah Kecamatan Tanjung Raja yang terletak 7 Km ke arah Barat dari Ibu Kota Kecamatan dan 13 Km kea rah Timur dari Ibu Kota Kabupaten dan mempunyai luas ± 3,00 Km2, Desa Kerinjing terbagi menjadi 2 dusun yang dipimpin oleh masing-masing Kepala Dusun. Adapun batas-batas wilayah Desa Kerinjing adalah sebagai berikut :

Ø  Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Jagaraja (Kec. Rantau Panjang)
Ø  Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Tg Dayang (Kec. Indralaya Sel )
Ø  Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Suka Raja Baru, Suka Raja Lama
Ø  Sebelah Timur berbatasan dengan Skonjing

 2. Iklim

Desa Kerinjing mempunyai Iklim kemarau dan penghujan sebagaimana desa-desa lain diwilayah Indonesia dalam hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada didesa  Kerinjing Kecamatan Tanjung Raja


C. Visi dan Misi

1. Visi

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Visi Desa Kerinjing adalah “TERCAPAINYA KUALIATS SDM YANG TERAMPIL DAN MENINGKATKAN KESAJTERAAN MASYARAKAT DESA YANG DIDUKUNG OLEH PERTANIAN YANG UNGGUL DAN SARANA PRASARANA YANG MEMADAI”.

2. Misi

Selain penyusunan visi juga telah ditetapkan misi-misi yang membuat pernyataan harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya visi desa tersebut. Desa Kerinjing mempunyai visi :
1.     Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM di segala bidang)
2.     Meningkatkan sarana dan prasarana.
3.     Meningkatkan pendapatan masyarakat.
4.     Meningkatkan hasil pertanian.
5.     Memelihara dan menjaga kesehatan masyarakat.

D.    Potensi Desa
Potensi yang ada didesa Kerinjing tidaklah cukup banyak tetapi mudah-mudahan dengan sentuhan bantuan dari pihak yang terkait, potensi desa tersebut dapat dikembangkan terutama dibidang pertanian dan perkebunan. Sebanyak 49 % penduduk desa berpendapatan dari hasil pertanian dan perkebunan, lahan persawahan dengan luas ± 84 Ha dan lahan perkebunan seluas ± 105 Ha yang dapat dijadikan aspirasi pemerintah untuk membantu para petani dalam meningkatkan produktifitas hasil pertanian dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai. Potensi didesa dibidang kesehatan seperti POSKESDES, POSYANDU dan BIDES, dari potensi ini memang sangatlah dibutuhkan masyarakat yang maju menuju Ogan Ilir sehat. Dari bidang ekonomi potensi desa juga dapat diliha dari usaha-usaha keluarga seperti pembuatan pakaian (penjahit), usaha angkutan umum, warung-warung sembako, sedangkan potensi dibidang sarana dan prasarana seperti jalan desa yang cukup panjang, sarana pendidikan. Potensi perikanan yang ada didesa Kerinjing cuma nelayan penangkap ikan sawah liar dan sebagian membudidayakan ikan air tawar, dibidang SDM masih banyak SDM yang terampil tetapi tidak bisa menggunakan keahliannya pada umum karena tidak didukung dengan pendidikan keterampilan yang memadai dan persaingan kerja yang banyak.


Lahan kosong merupakan potensi Desa yang belum dimanfaatkan

E. Kependudukan

         Jumlah penduduk Desa Kerinjing per Januari 2011 berjumlah 652 KK, terdiri dari 1.187 jiwa. Dengan komposisi penduduk menurut umur sebagai berikut :

Tabel 1. Jumlah penduduk menurut umur.
















Diagram 1 : Jumlah pneduduk menurut umur














F. Pemerintahan Desa

Desa Kerinjing terdiri dari II  dusun dengan jumlah penduduk 1.187 jiwa. Pemerintahan Desa Kerinjing dikepalai oleh TAUFIK AK, dengan Profil sebagai berikut :






















b. Nama-nama Perangkat Desa Kerinjing
Adapun Nama-nama Perangkat Desa Kerinjing sebagai berikut :

Tabel 2.  Nama-nama Perangkat Desa Kerinjing
 











c. Nama-nama Anggota BPD Desa Kerinjing
Nama-nama Anggota BPD dapat kita lihat dari tabel berikut :
 
Tabel 3. Nama-nama Anggota BPD















d. Nama-nama Pengurus Lembaga Adat Desa Kerinjing

Adapun nama-nama Pengurus Lembaga Adat sebagai berikut :

 
Tabel 4. Nama-nama Pengurus Lembaga Adat Desa

 












G.    Pembangunan pada tahun 2009 / 2010

         Pembangunan yang masuk di desa Kerinjing berasal dari APBN, APBD, APBDES, DPD/K, dan BANGUB, antara lain :

Tabel 5. Pembangunan pada tahun 2009 / 2010
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar