Jumat, 18 Februari 2011

DESA SKONJING

DESA SKONJING


A.    Latar Belakang

Desa Skonjing merupakan desa pemekaran, pada 12 Nopember 2006 Desa Kerinjing mengalami pemekaran menjadi 2 desa yaitu Desa Kerinjing dan Desa Skonjing. Selama 3 (tiga) bulan desa Skonjing mengalami kekosongan pemerintahan dan pada 12 Februari 2007 dibentuklah pemerintahan sementara atau penjabat sementara (PJS) yang dikepalai oleh Wasri Hidayat (2007-2008). Setelah beberapa priode ditetapkanlah pemilihan Kepala Desa dan pada waktu itu terdapatlah 3 (tiga) calon Kepala Desa, dalam proses pemilihan tersebut Mukroni Faslah adalah salah satu dari calon Kepala Desa yang terpilih menjadi Kepala Desa Skonjing priode 2008-2014.

B.    Kondisi Umum Desa

1. Letak dan Luas Wilayah

Desa Skonjing merupakan salah satu dari 241 desa yang ada diwilayah Kabupaten Ogan Ilir dan salah satu dari 19 Desa di wilayah Kecamatan Tanjung Raja yang terletak 7 Km ke arah Barat dari Ibu Kota Kecamatan dan 14 Km kea rah Timur dari Ibu Kota Kabupaten dan mempunyai luas ± 3,00 Km2, Desa Skonjing terbagi menjadi 3 dusun yang dipimpin oleh masing-masing Kepala Dusun. Adapun batas-batas wilayah Desa Skonjing adalah sebagai berikut :

Ø  Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Jagaraja (Kec. Rantau Panjang)
Ø  Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Tg Dayang (Kec. Indralaya Sel )
Ø  Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Ulak Kerbau Baru
Ø  Sebelah Timur berbatasan dengan Kerinjing

 2. Iklim

Desa Skonjing mempunyai Iklim kemarau dan penghujan sebagaimana desa-desa lain diwilayah Indonesia dalam hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada didesa  Skonjing Kecamatan Tanjung Raja

C. Visi dan Misi

1. Visi

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Visi Desa Skonjing adalah “MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG SEJAHTERA DALAM PERSATUAN DAN KESATUAN YANG HAKIKI , YANG DIDOMINASI SARANA DAN PRASARANA YANG MERATA”.

2. Misi

Selain penyusunan visi juga telah ditetapkan misi-misi yang membuat pernyataan harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya visi desa tersebut. Desa Skonjing mempunyai visi :

1.     Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM di segala bidang)
2.     Meningkatkan sarana dan prasarana.
3.     Meningkatkan pendapatan masyarakat.
4.     Meningkatkan hasil perikanan.
5.     Memelihara dan menjaga kesehatan masyarakat.

D.    Potensi Desa
Potensi yang ada didesa Skonjing tidaklah cukup banyak tetapi mudah-mudahan dengan sentuhan bantuan dari pihak yang terkait, potensi desa tersebut dapat dikembangkan terutama dibidang pertanian dan perkebunan. Sebnayak 45,1 % penduduk desa berpendapatan dari hasil pertanian dan perkebunan, lahan persawahan dengan luas ± 180 Ha dan lahan perkebunan seluas ± 130 yang dapat dijadikan aspirasi pemerintah untuk membantu para petani dalam meningkatkan produktifitas hasil pertanian dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai. Potensi didesa dibidang kesehatan seperti POSKESDES, POSYANDU dan BIDES, dari potensi ini memang sangatlah dibutuhkan masyarakat yang maju menuju Ogan Ilir sehat. Dari bidang ekonomi potensi desa juga dapat diliha dari usaha-usaha keluarga seperti pembuatan pakaian (penjahit), usaha angkutan umum, warung-warung sembako, sedangkan potensi dibidang sarana dan prasarana seperti jalan desa yang cukup panjang, sarana pendidikan. Potensi perikanan yang ada didesa Skonjing cuma nelayan penangkap ikan sawah liar dan sebagian membudidayakan ikan air tawar, dibidang SDM masih banyak SDM yang terampil tetapi tidak bisa menggunakan keahliannya pada umum karena tidak didukung dengan pendidikan keterampilan yang memadai dan persaingan kerja yang banyak.





                              Pembibitan Karet merupakan potensi desa yang ada di desa Skonjing


E. Kependudukan

         Jumlah penduduk Desa Skonjing per Januari 2011 berjumlah 652 KK, terdiri dari 1.720 jiwa. Dengan komposisi penduduk menurut umur sebagai berikut :

Tabel 1. Jumlah Penduduk menurut umur per Januari 2011




















  Diagram 1. Jumlah Penduduk menurut umur per Januari 2011















 
F. Pemerintahan Desa

Desa Skonjing terdiri dari III  dusun dengan jumlah penduduk 1.720 jiwa. Pemerintahan Desa Skonjing dikepalai oleh MUKRONI FASLAH, dengan Profil sebagai berikut :



























b. Nama-nama Perangkat Desa Skonjing
Adapun Nama-nama Perangkat Desa Skonjing sebagai berikut :
 
Tabel 2. Nama-nama perangkat Desa Skonjing

c. Nama-nama Anggota BPD Desa Skonjing
Nama-nama Anggota BPD dapat kita lihat dari tabel berikut :
Tabel 3. Nama-nama anggota BPD Desa Skonjing

d. Nama-nama Pengurus Lembaga Adat Desa Skonjing

Adapun nama-nama Pengurus Lembaga Adat sebagai berikut :

Tabel 4. Nama-nama anggota BPD Desa Skonjing













G.    Pembangunan pada tahun 2009 / 2010

         Pembangunan yang masuk di desa Skonjing berasal dari APBN, APBD, APBDES, DPD/K, dan BANGUB, antara lain :

Tabel 5. Pembangunan pada tahun 2009 / 2010



Tidak ada komentar:

Posting Komentar