Jumat, 11 Maret 2011

DESA ULAK KERBAU LAMA

DESA ULAK KERBAU LAMA


A.      Latar Belakang

Desa Ulak Kerbau Lama yang terletak diwilayah Kecamatan Tanjung Raja, desa Ulak Kerbau Lama berasal dari kata ulak (pusaran air) dan kerbau (hewan ternak), maka penduduk masyarakat menamakan desa tersebut dengan nama Desa Ulak Kerbau Lama. Desa Ulak Kerbau Lama terletak di tepian sungai ogan, Masyarakat Desa Ulak Kerbau Lama sebagian besar menganut agama Islam, desa Ulak Kerbau Lama mayoritas bermata pencaharian sebagai Pengrajin (Industri Home) dan sebagai petani, tetapi ada sebagian masyarakat menggantungkan dengan menjadi pedagang.
Desa Ulak Kerbau Lama telah banyak mengalami perubahan diantaranya pembangunan yang mulai terasa dirasakan masyarakat setempat setelah desa ini terjadi pemekaran dari Desa Ulak Kerbau Lama, disamping itu sebagian pembangunan yang belum terlaksana juga nampak dirasakan oleh maysarakat desa Ulak Kerbau Lama dengan demikian masyarakat banyak berharap kepada pemerintah setempat agar dapat memberlakukan percepatan pembangunan didesa tersebut. Disamping harapan tercapinya pembangunan yang maksimal, masyarakat juga mengaharapkan atas sentuhan pemerintah dibidang Kerajinan (Industri Home) karena masyarakat setempat sangat membutuhkan penanaman modal atau jenis lain sehingga dapat menopang kemajuan perekonomian masyarakat yang maksimal.






B.      Kondisi Umum Desa

1. Letak dan Luas Wilayah

Desa Ulak Kerbau Lama merupakan salah satu dari 241 desa yang ada diwilayah Kabupaten Ogan Ilir dan salah satu dari 19 Desa di wilayah Kecamatan Tanjung Raja yang terletak 6 Km ke arah Barat dari Ibu Kota Kecamatan dan 14 Km kearah Timur dari Ibu Kota Kabupaten dan mempunyai luas ± 5,00 Km2, Desa Ulak Kerbau Lama terbagi menjadi 6 dusun yang dipimpin oleh masing-masing Kepala Dusun. Adapun batas-batas wilayah Desa Ulak Kerbau Lama adalah sebagai berikut :

Ø       Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Rantau Panjang
Ø       Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Ulak Kerbau Baru
Ø       Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Skonjing
Ø       Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Suka Pindah

 2. Iklim

Desa Ulak Kerbau Lama mempunyai Iklim kemarau dan penghujan sebagaimana desa-desa lain diwilayah Indonesia dalam hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada didesa  Ulak Kerbau Lama Kecamatan Tanjung Raja

C. Visi dan Misi

1. Visi

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Visi Desa Ulak Kerbau Lama adalah “MENJADIKAN DESA ULAK KERBAU LAMA SEBAGAI PUSAT INDUSTRI TAHUN 2015”.

2. Misi

Selain penyusunan visi juga telah ditetapkan misi-misi yang membuat pernyataan harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya visi desa tersebut. Desa Ulak Kerbau Lama mempunyai visi :
1.       meningkatkan kegiatan Produksi, Pengolahan, Pemasaran Pakaian Jadi secara selektif di dunia indutri.
2.       Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM di segala bidang)
3.       Meningkatkan sarana dan prasarana.
4.       Meningkatkan pendapatan masyarakat.
5.       Meningkatkan hasil pertanian.
6.       Memelihara dan menjaga kesehatan masyarakat.

D.     Potensi Desa
Potensi yang ada didesa Ulak Kerbau Lama tidaklah cukup banyak tetapi mudah-mudahan dengan sentuhan bantuan dari pihak yang terkait, potensi desa tersebut dapat dikembangkan terutama dibidang pertanian dan perkebunan. Sebanyak 40 % penduduk, lahan perkebunan yang cukup luas dan dapat dijadikan aspirasi pemerintah untuk membantu para petani dalam meningkatkan produktifitas hasil pertanian dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai.
Disamping pertanian dan perkebunan potensi desa Ulak Kerbau Lama ada pada Sumber Daya Manusia yaitu banyaknya Industri Kecil Menengah (UKM) dalam hal ini pembuatan pakaian jadi. Kerajinan ini sangat memicu perekonomian didesa ini maupun secara Global dalam bidang Industri dikabupaten Ogan Ilir, selain potensi industri yang ada terdapat juga kelemahan dalam bidang permodalan yang tidak seimbang dengan perkembangan itu sendiri.



                                   Industri Home Merupakan potensi desa yang ada


E. Kependudukan

         Jumlah penduduk Desa Ulak kerbau Lama per Januari 2011 berjumlah 589 KK, terdiri dari 1.838 jiwa. Dengan komposisi penduduk menurut umur sebagai berikut :


Tabel 1. Jumlah Penduduk menurut umur per Januari 2011






















Diagram 2. Jumlah Penduduk menurut umur per Januari 2011

 














F. Pemerintahan Desa

Desa Ulak Kerbau Lama terdiri dari VI  dusun dengan jumlah penduduk 1.838 jiwa. Pemerintahan Desa Ulak Kerbau Lama dikepalai oleh ZAINAL ABIDIN, dengan Profil sebagai berikut :

























b. Nama-nama Perangkat Desa Ulak Kerbau Lama
Adapun Nama-nama Perangkat Desa Ulak Kerbau Lama sebagai berikut :

Tabel 2. Nama-nama Perangkat Desa Ulak Kerbau Lama

















 
c. Nama-nama Anggota BPD Ulak Kerbau Lama
Nama-nama Anggota BPD dapat kita lihat dari tabel berikut :

Tabel 3. Nama-nama Anggota BPD Ulak Kerbau Lama

 




d. Nama-nama Pengurus Lembaga Adat Desa Ulak Kerbau Lama

Adapun nama-nama Pengurus Lembaga Adat sebagai berikut :


Tabel 4.  Nama-nama Pengurus Lembaga Adat Desa Ulak Kerbau Lama

















G.     Pembangunan pada tahun 2009 / 2010

         Pembangunan yang masuk di desa Ulak Kerbau Lama berasal dari APBN, APBD, APBDES, DPD/K, dan BANGUB, antara lain :

Tabel   5. Pembangunan pada tahun 2009 / 2010



1 komentar: