Jumat, 18 Februari 2011

DESA SUKA PINDAH


DESA SUKA PINDAH


A.    Latar Belakang

Desa Suka Pindah adalah sebuah desa yang terletak berdampingan dengan desa Ulak Kerbau Baru dan Ulak Kerbau Lama, desa Tanjung Agas, desa Jagolano serta desa Siring Alam. Desa Suka Pindah terdiri dari 3 dusun yang mana dusun 1 terletak di pinggir jalan raya lintas timur sedangkan 2 dusun lainnya terletak diseberang sungai (arisan) yang berdekatan dengan desa Ulak Kerbau Lama.


B.    Kondisi Umum Desa

1. Letak dan Luas Wilayah

Desa Suka Pindah merupakan salah satu dari 241 desa yang ada diwilayah Kabupaten Ogan Ilir dan salah satu dari 19 Desa di wilayah Kecamatan Tanjung Raja yang terletak 6 Km ke arah Barat dari Ibu Kota Kecamatan dan 15 Km kea rah Timur dari Ibu Kota Kabupaten dan mempunyai luas ± 4,00 Km2, Desa Suka Pindah terbagi menjadi 3 dusun yang dipimpin oleh masing-masing Kepala Dusun. Adapun batas-batas wilayah Desa Suka Pindah adalah sebagai berikut :

Ø  Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Jagolano
Ø  Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Siring Alam
Ø  Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Ulak Kerbau Baru
Ø  Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Tanjung Agas





 2. Iklim

Desa Suka Pindah mempunyai Iklim kemarau dan penghujan sebagaimana desa-desa lain diwilayah Indonesia dalam hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada didesa  Suka Pindah Kecamatan Tanjung Raja

C. Visi dan Misi

1. Visi

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Visi Desa Suka Pindah adalah “TERWUJUDNYA MASYARAKAT DESA YANG MAJU DAN MAKMUR DIDUKUNG OLEH PERTANIAN YANG UNGGUL DAN SARANA PRSARANA TRANSPORTASI YANG MEMADAI”.

2. Misi

Selain penyusunan visi juga telah ditetapkan misi-misi yang membuat pernyataan harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya visi desa tersebut. Desa Suka Pindah mempunyai visi :
1.     Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM di segala bidang)
2.     Meningkatkan sarana dan prasarana.
3.     Meningkatkan pendapatan masyarakat.
4.     Meningkatkan hasil pertanian.

D.    Potensi Desa
Potensi yang ada didesa dapat dikembangkan adalah sebagai berikut :
1.     Lahan Pertanian seluas 72 Ha
2.     Perkebunan seluas 28 Ha
3.     Tenaga Kerja yang cukup banyak

Dari data diatas dapat dirincikan Desa Talang Balai Lama merupakan kawasan pertanian dan perkebunan, yang terdiri dari 82 % lahan pertanian dan 28 % lahan perkebunan. Sebagian besar Lahan Pertanian di Desa Talang Balai Lama adalah persawahan, mayoritas masyarakat Desa Suka Pindah  menggantungkan hidupnya dengan membuat kerajinan (industri rumah tangga), membuat kemplang dan sebagian juga menjadi pedagang.

 

 Home Industri merupakan potensi  yang ada didesa Suka Pindah
( proses pembuatan pakaian dan hasil pakaian jadi )

E. Kependudukan

         Jumlah penduduk Desa Suka Pindah per Januari 2011 berjumlah 342 KK, terdiri dari 1.082 jiwa. Dengan komposisi penduduk menurut umur sebagai berikut :

Tabel 1. Jumlah Penduduk menurut umur per Januari 2011

















Diagram 1. Jumlah Penduduk menurut umur per Januari 2011













F. Pemerintahan Desa

Desa Suka Pindah terdiri dari III  dusun dengan jumlah penduduk 1.082 jiwa. Pemerintahan Desa Suka Pindah dikepalai oleh MUHTAR HADI, dengan Profil sebagai berikut :






















b. Nama-nama Perangkat Desa Suka Pindah
Adapun Nama-nama Perangkat Desa Suka Pindah sebagai berikut :

 Tabel 2. Nama-nama perangkat Desa Suka Pindah













c. Nama-nama Anggota BPD Suka Pindah
Nama-nama Anggota BPD dapat kita lihat dari tabel berikut :

Tabel 3. Nama-nama Anggota BPD Desa Suka Pindah

d. Nama-nama Pengurus Lembaga Adat Desa Suka Pindah

Adapun nama-nama Pengurus Lembaga Adat sebagai berikut :

Tabel 4. Nama-nama Lembaga Adat Desa Suka Pindah
















G.    Pembangunan pada tahun 2009 / 2010

         Pembangunan yang masuk di desa Suka Pindah berasal dari APBN, APBD, APBDES, DPD/K, dan BANGUB, antara lain :
Tabel   5. Pembangunan pada tahun 2009 / 2010


3 komentar:

  1. Pak Camat tolong berdayakan para penjahit di desa sukapindah. dari dulu upah yang mereka terima sangatlah minim.dengan dana desa membuat kelompok penjahit..........Salam buat semua......

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: pusatkud.jakarta@gmail.com Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: +62 813-8327-6229 DRS.H.SUPRIYONO jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


    BalasHapus