Kamis, 10 Maret 2011

DESA SERI DALAM

DESA SERI DALAM


A.    Latar Belakang

Desa Seri Dalam merupakan salah satu dari 241 desa yang ada diwilayah Kabupaten Ogan Ilir dan salah satu dari 19 Desa di wilayah Kecamatan Tanjung Raja yang terletak sebelah Timur dari desa Tanjung Temiang, luas wilayah Desa Seri Dalam adalah 3,00 Km2. sebagian besar Desa Seri Dalam bermata pencaharian sebagai petani dikarenakan desa ini termasuk daerah yang agraris yang mana letak dan kontur wilayah sangat cocok untuk bertani, pertanian yang ada sebagian besar adalah karet yang sangat banyak ditekuni oleh masyarakat setempat. Desa Seri Dalam dikepalai oleh SUHARTO, desa Seri Dalam terdiri dari 3 dusun yang masing-masing dikepalai oleh kepala dusun serta dengan jumlah penduduk 1.752 jiwa.

B.    Kondisi Umum Desa

1. Letak dan Luas Wilayah

Desa Seri Dalam terletak disebelah Timur  Desa Tanjung Temiang  tepatnya terletak ± 4 Km kearah  Utara dari kota Kecamatan Tanjung Raja. Desa Seri Dalam mempunyai luas ± 3,00 Km2, Desa Seri Dalam terbagi menjadi 3 dusun yang dipimpin oleh masing-masing Kepala Dusun. Adapun batas-batas wilayah Desa Seri Dalam adalah sebagai berikut :

Ø  Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Sungai Pinang
Ø  Sebelah Selatan berbatasan dengan Kel Tanjung Raja Timur
Ø  Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Tanjung Temiang
Ø  Sebelah Timur berbatasan dengan Kel Tanjung Raja Timur



 2. Iklim

Desa Seri Dalam mempunyai Iklim kemarau dan penghujan sebagaimana desa-desa lain diwilayah Indonesia dalam hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada didesa  Seri Dalam Kecamatan Tanjung Raja

C. Visi dan Misi

1. Visi

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Visi Desa Seri Dalam adalah “TERWUJUDNYA MASYARAKAT DESA YANG MAJU DAN MAKMUR DIDUKUNG OLEH PERTANIAN YANG UNGGUL DAN SARANA PRASARANA TRANSPORTASI YANG MEMADAI”.

2. Misi

Selain penyusunan visi juga telah ditetapkan misi-misi yang membuat pernyataan harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya visi desa tersebut. Desa Seri Dalam mempunyai visi :
1.     Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM di segala bidang)
2.     Meningkatkan sarana dan prasarana.
3.     Meningkatkan pendapatan masyarakat.
4.     Meningkatkan hasil pertanian.

D.    Potensi Desa 
 Potensi yang ada didesa Seri Dalam tidaklah cukup banyak tetapi mudah-mudahan dengan sentuhan bantuan dari pihak yang terkait, potensi desa tersebut dapat dikembangkan terutama dibidang pertanian dan perkebunan. Sebanyak 54 % penduduk desa berpendapatan dari hasil pertanian dan perkebunan, lahan perkebunan yang dapat dijadikan aspirasi pemerintah untuk membantu para petani dalam meningkatkan produktifitas cukup banyak. dibidang SDM masih banyak SDM yang terampil tetapi tidak bisa menggunakan keahliannya pada umum karena tidak didukung dengan pendidikan keterampilan yang memadai dan persaingan kerja yang banyak.

  

 Potensi Desa Seri Dalam ( Perkebunan dan Pembibitan Karet )


E. Kependudukan

        
         Jumlah penduduk Desa Belanti per Januari 2011 berjumlah 566 KK, terdiri dari 858 jiwa dengan  894 jiwa laki-laki dan  1.752  jiwa perempuan. Dengan komposisi penduduk menurut umur sebagai berikut :



Tabel 1. Jumlah Penduduk menurut umur per Januari 2011





















Diagram 2. Jumlah Penduduk menurut umur per Januari 2011

















F. Pemerintahan Desa

Desa Seri Dalam terdiri dari III dusun dengan jumlah penduduk 1.752 jiwa. Pemerintahan Desa Seri Dalam dikepalai oleh SUHARTO, dengan Profil sebagai berikut :





























b. Nama-nama Perangkat Desa Seri Dalam
Adapun Nama-nama Perangkat Desa Seri Dalam sebagai berikut :
Tabel 2. Nama-nama Perangkat Desa Seri Dalam














 
c. Nama-nama Anggota BPD Seri Dalam
Nama-nama Anggota BPD dapat kita lihat dari tabel berikut :
Tabel 3. Nama-nama Anggota BPD Desa Seri Dalam

























d. Nama-nama Pengurus Lembaga Adat Desa Seri Dalam

Adapun nama-nama Pengurus Lembaga Adat sebagai berikut :
Tabel 4. Nama-nama Pengurus Lembaga Adat Desa Seri Dalam














 
G.    Pembangunan pada tahun 2009 / 2010

         Pembangunan yang masuk di desa Seri Dalam berasal dari APBN, APBD, APBDES, DPD/K, dan BANGUB, antara lain :
Tabel 5. Pembangunan pada tahun 2009 / 2010






Tidak ada komentar:

Posting Komentar