Kamis, 24 Februari 2011

KECAMATAN TANJUNG RAJA DALAM ANGKA TAHUN 2011


 




KATA PENGANTAR



            Kecamatan Tanjung Raja Dalam Angka Tahun 2011 merupakan publikasi yang menyajikan aneka jenis data pada level desa dan kelurahan. Publikasi ini memuat gambaran umum keadaan geografi, iklim, karakteristik dan kondisi sosial, serta perkembangan pembangunan di setiap desa dan kelurahan. Yang isinya terdiri dari aneka ragam data dan informasi di Kecamatan Tanjung Raja, yang dikonfilasikan kedalam angka-angka sebagai sumber potensi yang ada di Kecamatan ini.

            Kami sadari bahwa publikasi ini jauh dari kesempurnaan dan kelengkapannya sebagaimana yang kita kehendaki. Namun kami yakin bahwa data yang tersedia dalam publikasi ini sudah cukup untuk dijadikan dasar pijakan untuk menganalisa sumber daya yang ada di Kecamatan Tanjung Raja.

            Kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya, kami sampaikan ucapan terima kasih. Diharapkan tanggapan dan saran dari para pengguna data demi perbaikan publikasi ini dimasa yang akan datang.


Terima kasih.




 










LETAK DAN GEOGRAFIS

1.1 Letak Geografis
Kecamatan Tanjung Raja memiliki luas Wilayah 61,6 Km² yang merupakan salah satu Kecamatan dari 16 Kecamatan yang ada dalam Kabupaten Ogan Ilir terdiri dari 60 % rawa – rawa dan 40 % daratan dengan batas – batas geografis sebagai berikut :
-             Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Indralaya Selatan /   Rantau Panjang.
-             Sebelah Selatan Berbatasan dengan Kecamatan Rantau Alai.
-             Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Tanjung Batu.
-             Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Sungai Pinang.
1.2 Wilayah Administratif
          Kecamatan Tanjung Raja terdiri dari 15 Desa dan 4 Kelurahan. Transportasi yang digunakan dari desa/kelurahan ke Ibu Kota Kecamatan, sebagian besar ditempuh melalui jalur darat.
1.3 Keadaan Alam
a. Iklim dan Curah Hujan
          Kecamatan Tanjung Raja merupakan daerah yang mempunyai iklim tropis basah (Type B) dengan musim hujan berkisar antara bulan november sampai dengan bulan april, sedangkan musim kemarau berkisar antara bulan Mei sampai dengan bulan Oktober.
b. Hidrologi
          Di Kecamatan Tanjung Raja mengalir sungai besar yaitu Sungai Ogan yang mengalir mulai dari Kecamatan Muara Kuang dan bermuara di Sungai Musi di Kertapati-Palembang yang lebih dikenal dengan Muara Ogan.
c. Flora dan Fauna
          Flora dan fauna yang terdapat di daerah ini berupa tanaman dan binatang tropis. Tanaman pangan yang terdapat di daerah ini adalah padi, palawija, dan sayur-sayuran.
          Binatang peliharaan yang banyak di pelihara oleh penduduk adalah sapi, kerbau, kambing, domba, ayam dan itik.

d. Adat Istiadat
          Penduduk Kecamatan Tanjung Raja sebagian besar merupakan Suku Pegagan, dimana bahasa sehari-hari yang digunakan ummnya adalah Bahasa Pegagan. Sedangkan sebagian lainnya merupakan penduduk daerah lain yang telah lama menetap di Kecamatan Tanjung Raja.


    

































Nama-nama Camat yang pernah menjabat di Kecamatan Tanjung Raja























































































































































































5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. bagi anda yang ingin mengakses data untuk kepentingan kebijakan pemerintah dalam program memajukan masyarakat banyak kami persilahkan untuk mengakses dan menggunakan data kami di blog ini....terima kasih

    BalasHapus
  3. blog yang sangat informatif, tapi sayang belum banyak yang tau,..jdi wang tg raje, tau ngan dusun dewek,.maju traje!

    BalasHapus
  4. kire2 bape la letak astronomis wilayah tanjung raja...

    BalasHapus